Wednesday, December 8, 2010

Belajar Baca Not Balok Posisi I

Posisi I


Tulisan ini ditujukan untuk yang belum bisa baca not balok pada gitar sama sekali. Mulai dengan mengenal not pada senar 1, 2 dst. Karena harga nada selalu jadi masalah tersendiri bagi mereka yang mulai baca not, maka not-not yang digunakan nilainya 1 ketuk semua (kecuali not terakhir). Dengan begini konsen kita bisa dimenghafalkan letak nada tanpa diganggu harga nada. Catatan: Berhubung nada-nadanya masih terbatas, maka bunyinya rada-rada ‘ga jelas’ atau mungkin ‘seperti lagu anak-anak’. Jadi harus sabar-sabar dulu... Tanda-tanda yang umum dipakai
Jari kiri

1 jari telunjuk
2 jari tengah
3 jari manis
4 jari kelingking
Jari kanan

p = Jempol
i = jari telunjuk
m = jari tengah
a = jari manis

Angka dalam lingkaran menunjukan senar Anjuran: Nada-nada dibunyikan dengan jari kanan yang bergantian. Alasan utamanya untuk distribusi tenaga saja, supaya jari tidak cepat cape selain untuk kecepatan. Paling umum digunakan jari i dan m. Alasannya, jari i dan m dianggap jari yang paling kuat. Sudah tentu ada kombinasi-kombinasi lain yang dapat digunakan seperti m-a, i-a, i-m-a, a-m-i dsb.







Sudah hafal? Main not-not di bawah ini. Semuanya hanya menggunakan E, F dan G di senar satu. Latih dengan ketukan yang konstan, lebih baik lagi kalau kaki sambil membuat ketukan yang konstan. Sambil mengetuk,sambil membunyikan not-notnya.










Bersambung . .    c_u next time


Post a Comment